Sabtu, 02 Agustus 2008

PADUAN DUA KATA UNIK

Oleh : Arsyad Indradi

Dalam Bahasa Banjar ada terdapat dua kata yang terpadu. Kata yang satunya harus melekat pada kata yang satu, maksudnya pada kata tertentu. Dua kata terpadu tersebut membentuk kesatuan makna. Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan perulangan berubah bunyi dan perulangan unik. Kata berikut adalah :

- adu asah = beradu – adu ( sifatnya negatif ), adu domba

Contoh : Karana adu asah Si Udin, kami takalahi

= Karena aduan Si Udin, kami jadi berantam

- bulang bulik = berjalan mundar mandir

Contoh : Aku malihat dari hintadi urang nitu bulang balik di halaman rumahku.

= Aku melihat orang itu sedari tadi mundar mandir di halaman rumahku

- cucuk buku = kompromi, tukar pikiran

Contoh : Mun kada bacucuk buku dahulu kada asi.

= Kalau tidak kompromi dahulu tidak salah lagi..

- dindang digun = berlagu, bersuka ria

Contoh : Sakalinya di pelataran rumah julak kakanakan nang badindang digun nitu.

= Ternyata di serambi rumah paman kakanakan yang bernyanyi-nyanyian itu

- gadibang gadibung = bunyi perut dipukul karena masuk angin

Contoh : Kutapak parutkukam pina gadibang gadibung, masuk angin kalulih.

= Kupukul perutku seperti berbunyi masuk angin rupanya

- garipak garipuk = bunyi kayu atau ranting yang patah, bunyi persendian

Contoh : Garipak garipuk kayu itu kupatahi.

= ( Menimbulkan bunyi ) Kayu itu kupatah – patah.

Imbah manguliat garipak garipuk pinggangku

= Setelah menggeliat berbunyi tulang pinggangku

- garipak garaguy = bunyi pepohonan tumbang

Contoh : Aku takajut bunyi garipak garaguy puhun nang ganal nitu rabah.

= Aku terkejut bunyi pohon yang besar itu tumbang

- garimang gariming = mengomel tak henti – henti

Contoh : Aku kada katuju mandangar muntung garimang gariming, muyak.

= Aku tidak senang mendengar omelan, bosan.

- gulang galik = gelisah ( tak mau tidurt )

Contoh : Gulang galik aku di paguringan mun taingat si jantung hati

= Gelisah di tempat tidur bila teringat kekasih

- hilir mudik = banyak yang berjalan melalui jalan itu, berseleweran

Contoh : Aku asik banar malihat jukung hilir mudik di Sungai Martapura

= Aku asyk sekali melihat sampan berkayuh di Sungai Martapura

- kacil mulik = kecil mungil tapi elok

Contoh : Si Galuh nang kacil mulik nitu sakalinya ada di rumah ikamlih

= Gadis yang kecil mungil itu ternyata ada di rumah kamu ya..

- karijat karijut = bagian tangan atau kaki yang bergerak – gerak

Contoh : Napakahni tanganku pina karijat karijut, ada rajaki nangapakahni

= Kenapakah tanganku selalu bergerak-gerak, ada rejeki apakah.

- kasitu kamari = berjalan kesana kemari

Contoh : Kasitu kamari aku mancarii ikam kada jua badapat.

= Kesana kemari aku mencari – cari tidak juga bertemu.

- katipak katipuk = bunyi tepukan tangan karena menepuki nyamuk

Contoh : Katipak katipuk aku manapaki nyamuk, kada kakaruan guring aku.

= Repot aku mengusir nyamuk, sehingga tidurku terganggu.

- kimang kimut = gerak mulut dalam keadaan marah atau mengomel atau menasehati.

Contoh : Kimang kimut muntung kuwitan mamadahi anak minanti.

= Kumat kamit mulut orang tua menasehati anak menantu.

- kindai limpuar = menyatakan kemakmuran, hasil panen berlimpah ruah

Contoh : Kita gawi pahumaan kita bujur – bujur supaya kindai limpuar banua kita

= Kita kerjakan sawah kita betul – betul agar menjadi makmur negara kita

- kucang kirap = kesibukan dalam mengupayakan sesuatu

Contoh : Kasian urang tuhaku kucang kirap mancariakan duit hagan bayar sakulahku.

= Kasihan orang tuaku bersusah payah mencarikan uang untuk biaya sekolahku.

- kupang kapik = bagian tubuh yang bergerak (kemaluan laki-laki), sangat repot,

payah

Contoh : Umpat jua kupang kapik nang di dalam salawar amun ikam bukah

= Ikut juga yang di dalam celana bergoyang goyang bila kamu lari.

- lalu lalang = berjalan di hadapan orang tua atau yang dituakan ( sipafatnya tidak

sopan atau tidak beretika )

Contoh : Jangan pang lalu lalang di hadapan urang tuha kaya kada baadat.

= Janganlah lewat - lewat di hadapan orang tua seperti tidak punya sopan santun.

- lalu liwas = sama dengan lalu lalang

Contoh :Lalu liwas di hadapan urang tuha pina kada baadat.

= Lewat –lewat di muka orang tua seperti tidak beretika.

- lamah licuk = tidak ada bertegana

Contoh : Urang nitu kalihatannya bajalan pina lamah licuk

= Orang itu kelihatannya berjalan seperti tidak ada tenaga

- Lamah Limambut = Lemah Lembut.Bagus perangai,tingkah laku.

- manggah mukuh = sengal – sengal, kepayahan

Contoh : Kamana ikam, manggah mukuh aku saharian mancari kada tadapat

= Kemana saja kamu, cape aku seharian mencari tidak bertemu.

- puntal pantil = selalu ikut kemana pergi

Contoh : Kamana abahnya bajalan kasitu jua anaknya puntal pantil mairingi.

= Kemana ayahnya berjalan ( berada ) kesitu juga anaknya selalu ikut.

- ranai garutuk = tidak berkata-kata, diam seribu basa

Contoh : Habis kugasak han kada saling bunyian, ranai garutuk.

= Habis kutantang tidak berani, diam aja tak berani berkata – kata.

- rundak rakai = sibuk pindah tempat, sibuk membawa sesuatu

Contoh : Istilah bapindah – pindah rumah, tapaksaai rundak rakai maangkuti barang.

= Karena berpindah – pindah rumah, mau tak mau sibuk membawa barang

- surung sintak = pelayanan, melayani

Contoh : Siringan banar amun ada nang bakakawinan di kampung musti aku batugas surung sintak.

= Kebiasaan jika ada perkawinan di kampung pasti aku bertugas pelayanan ( mengantar makanan dan mengambil piring/cangkir yang kotor ).

Contoh : Hari – hari disurungsintaki sakalinya inya salah pambalas

= Hari – hari dilayani ternyata dia tidak balas budi..

- tawar tawir = semacam sampiran pantun dalam mantra

Contoh : Tawar tawir tatawar bigi palir.

= Dengan berkat penawar ini sembuhlah penyakitnya.

- tumbang tumbalik = gigih bekerja, semangat mengupayakan sesuatu

Contoh : Sudah jua aku bausaha tumbang tumbalik kada jua sugih.

= Sudah juga aku bekerja keras tidak juga kaya.

Tidak ada komentar: